Cara Tepat Meningkatkan Brand Awareness

Harga Souvenir | Mug | Gelas | Flashdisk | Pin

Cara Tepat Meningkatkan Brand Awareness

Cara Tepat Meningkatkan Brand Awareness – Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menciptakan Brand Awareness yang tinggi di mata konsumen. Anda bisa melakukannya dengan kegiatan branding.

cara tepat meningkatkan brand awareness 2

Branding merupakan aktivitas untuk lebih mengenalkan produk yang dijual agar calon konsumen menjadi target pasar mengenali produk tersebut, tertarik, dan melakukan aktivitas pembelian. Aktivitas itu bisa dilakukan melalui promosi atau product knowledge.

Cara Tepat Meningkatkan Brand Awareness Menurut Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo, founder sribu.com, menyebutkan bahwa ada sedikitnya tiga cara tepat meningkatkan brand awareness (branding).

Pertama, melalui aktivitas online, seperti website atau media, sosial. Untuk branding melalui website, Ryan menyarankan agar Anda membuat website yang eye-catching, terus memperbarui konten website agar pengunjung tidak bosan, serta buat website Anda lebih interaktif, misal dengan memasang fitur obrolan, sehingga pengunjung bisa berkomunikasi langsung dengan Anda.

Kedua, melakukan penyebaran brosur pada lokasi-lokasi tempat target konsumen bisnis Anda berada. Brosur yang baik, menurut Ryan, tidak terlalu banyak memberikan informasi berupa tulisan. Jadi, pastikan foto atau gambar yang tertera pada brosur. “Gunakan kalimat call-to-action yang menarik agar calon konsumen tertarik,” jelas Ryan.

Ketiga, Anda juga dapat menggunakan t-shirt sebagai sarana promosi bisnis Anda. Buatlah t-shirt khusus dengan desain yang menarik dan memiliki kontras yang baik sehingga mudah dibaca. T-shirt tersebut bisa menjadi media promosi berjalan saat dikenakan.

Anda yang tidak memiliki kemampuan desain yang baik, bisa menggunakan jasa desain lepas untuk kebutuhan branding.

BACA JUGA: 6 Strategi Marketing Online

Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Brand Awareness

Sadarkah kita bahwa kultur media sosial yang berkembang saat ini telah merubah kebiasaan penggunanya? Peralihan dari media cetak, radio dan TV menuju dunia maya pun tak terelakkan.

Media sosial telah menjadi bahan referensi dan inspirasi dalam kehidupan, seperti membaca buku (e-book), mendengarkan radio (radio streaming), dan menonton TV, update berita terbaru, jual- beli barang atau penyediaan jasa, mencari data perbandingan brand satu dengan yang lainnya, mencari harga jual sebuah brand, mengecek spesifikasi produk, dan semua informasi bisnis dari brand sebuah perusahaan dapat kita akses dari media sosial.

Semuanya tersambung dalam satu dunia, dunia digital.

cara tepat meningkatkan brand awareness 1

Dalam Meningkatkan Brand Awareness, sosial media berperan penting dalam kegiatan bisnis perusahaan dewasa ini. Utamanya dalam proses Brand awareness, menjadi sebuah keharusan dan senjata mutakhir dalam perang brand.

Perusahaan berlomba-lomba melakukan promosi, memperkenalkan produk, membangun jaringan dengan pelanggan, memperbaiki pelayanan demi tercapainya brand awareness yang lebih baik. Kegiatan pemasaran melalui media sosial inilah yang akan meningkatkan brand awareness di kalangan pengguna sosial media.

Banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan brand awareness lewat media sosial. Mungkin kita sering melihat postingan yang menggoda di akun Facebook, menggoda para user untuk memberikan “Like” untuk mendongkrak brand awareness.

Banyak juga brand yang melakukan campaign dengan memberikan kuis, contest berhadiah, atau sekadar menambah konten baik itu video, artikel, atau berita.

BACA JUGA: 8 Jenis Barang Promosi Unik dan Menarik

Kesemuanya akan membawa kepada bertambahnya kepercayaan terhadap sebuah brand. Lantas, apakah point penting yang harus dicapai sebuah brand untuk meningkatkan brand awareness melalui sosial media? Ada 4 point penting yang harus dicapai, yakni:

Reach

Inti dari brand awareness adalah mendapatkan sebanyak mungkin kepercayaan dari pelanggan. Di dalam social media seperti Facebook atau Twitter, jumlah fans dan follower menjadi cerminan kepercayaan pelanggan terhadap sebuah brand. Inilah letak kemampuan media sosial dalam menjangkau calon member dan follower baru dari berbagai usia, gender, pekerjaan, dan negara.

Melalui media sosial, calon member ini mampu kita bidik sebagai pangsa pasar. Setelah mereka telah bergabung dalam jaringan kita, jangan berhenti sampai disini saja, kita perlu menganalisis perilaku mereka dengan tujuan strategi pemasaran yang cocok kita terapkan agar mereka menjadikan pelanggan loyal.

Traffic

Ada dua jenis traffic, direct traffic dan referral traffic. Untuk Direct Traffic pelanggan langsung mengakses akun perusahaan. Sedangkan untuk referral traffic pelanggan mengakses situs brand kita dari tautan lain. Sebagai contoh ketika sedang membuka sosial media, terdapat link promosi yang ditujukan ke tautan tertentu yang berupa program atau informasi mengenai aktifitas yang tengah dilakukan perusahaan.

Traffic tidak hanya terjadi di antara pengguna media sosial saja, antar perusahaan brand satu dengan lainnya dapat bekerja sama untuk membangun traffic diantara mereka.

New Audiences

Setiap hari, pertumbuhan pengguna media sosial semakin bertambah. Seiring itu pula audiences baru terlahir. Terkadang pelanggan lama mulai jenuh dan mulai berpaling dari brand sebuah brand.

Untuk itu, dibutuhkan inovasi tiada henti mencari formula yang tepat untuk dapat menarik perhatian new audiences untuk menjadi pelanggan setia. Hal ini tentunya dibutuhkan riset dan sumber daya manusia serta biaya yang tidak sedikit untuk mencapainya.

Expertise

Expertise merupakan langkah untuk mengeksplorasi citra perusahaan kepada customer. Caranya adalah dengan memberikan konten berupa informasi penting yang bermutu dan tentunya berguna kepada pelanggan. Dengan otomatis kita akan membangun pencitraan perusahaan yang professional dan memang ahli di bidangnya.

Jadi, apakah kalian sudah siap untuk mengembangkan brand Anda melalui sosial media? Selamat mencoba.

“Membangun brand awareness membutuhkan kesabaran dan ketekunan” Sahut Dieter Rams

Word of Mouth Marketing dalam Meningkatkan Brand Awareness

Membangun brand awareness membutuhkan sebuah strategi marketing. Saat ini strategi marketing beragam termasuk diantaranya adalah talkable marketing atau yang disebut juga sebagai Word of Mouth Marketing (WOM).

Pernahkah anda menyadari saat kita menjadi target marketing maka kebanyakan dari kita langsung menolak dan menjauh serta merasa tak nyaman. Namun tentu hal ini amat berbeda ketika mendengarkan sebuah cerita, anda membuka diri merasa santai dan mendengarkan.

Sulit untuk mendapatkan sasaran marketing bahkan walau hanya 30 detik namun setiap orang mau menyediakan waktunya selama 30 menit untuk mendengarkan cerita yang hebat.

Kekuatan dari brand storytelling tidak berakhir dengan penerimaan dari message yang ingin disampaikan. Namun kekuatan dari brand storytelling tersebut masih tetap ada dalam seberapa jauh sebuah pesan disampaikan oleh fans.

Saat audiens merasakan bahwa content tersebut menyenangkan, berguna atau keduanya maka tanpa diminta mereka akan menyebarkannya dengan cara mereka sendiri seperti misalnya comments, links, rating dan versi baru.

Inilah yang disebut kekuatan dari WOM karena menciptakan sebuah brand yang banyak dibicarakan orang.

Berikut 3 tips membangun brand awareness usaha Anda:

1. Ciptakan Pesan Yang Membuat Orang Ingin Menyebarkannya

Walaupun memang pesan marketing ditujukan untuk tujuan konsumtif namun tentunya tak cukup memberikan audiens anda pesan yang murni pesan marketing. Pesan marketing yang menarik akan membuat fans menyebarkan dan menciptakan content mereka sendiri.

Tentu hal ini ada risikonya apalagi jika pesan marketing tersebut berupa parodi. Tetapi tentunya anda harus mau menanggung risiko jika ingin mendapatkan rewards.

Warby Parker eyewear yang merupakan brand kacamata mendapatkan sekitar 1,000 foto dari fans mereka menggunakan kacamata brand mereka dan mempostingnya di Facebook Page. Hal seperti ini memiliki efek yang besar dan mampu mencapai sasaran lebih dari yang diperkirakan.

2. Berikan Audiens Kesempatan Untuk Berpartisipasi

Audiens suka menjadi bagian dari sebuah event pada brand. Mendorong mereka untuk menjawab pertanyaan di facebook wall anda merupakan hal yang hebat. Apalagi mendorong mereka untuk mengklik tombol like di post facebook anda untuk memecahkan rekor dunia Guiness Book itu merupakan sesuatu yang benar-benar spesial.

Hal inilah yang dilakukan oleh Brand Oreo. Walaupun mereka memegang rekor tersebut hanya sebentar namun brand oreo berhasil untuk menaikan brand awareness, membuat brand mereka dibicarakan banyak orang dan membuat fans mereka menyebarkan pesan tersebut ke seluruh dunia.

3. Hargai Superfans Anda

Mudah untuk menjadi fans sebuah brand namun yang harus anda hargai adalah superfans anda. Superfans merupakan orang-orang yang setia menyebarkan dan mempromosikan brand favorit mereka dan menciptakan free marketing yang tiada batas.

Anda seharusnya menghargai orang-orang yang menjadi superfans ini karena mereka membawa hal-hal positif bagi brand anda. seperti halnya yang dilakukan oleh brand WGN America mereka memberi rewards bagi para superfans “How I Met Your Mother” dengan Summer of The Superfan Campaign.

Para superfan ini diundang untuk hadir ke New York pada acara diskusi roundtable dan promo shoot di McGee Pub dan akan memposting video mereka di page facebook dan youtube. Benar-benar sebuah hal yang menyenangkan bagi para superfans karena brand favorit mereka memberikan sesuatu yang spesial untuk mereka.

menyebarkan pesan marketing via social media seperti facebook ataupun twitter page membutuhkan kreativitas. Desain facebook fanpage dan twitter page yang unik juga menciptakan minat orang untuk mengunjunginya.

Anda bisa mendapatkan desain unik dan berkualitas bagus ini di Sribu, penyedia jasa desain nomor satu berkonsep crowdsourcing di Asia Tenggara. Mengapa crowdsourcing amat menguntungkan? tunggu alasannya di artikel selanjutnya.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Tepat Meningkatkan Brand Awarness, semoga bermanfaat.

Search:

Cara Tepat Meningkatkan Brand Awarness | Tips jitu meningkatkan brand awareness | meningkatkan brand awareness | cara sukses meningkatkan brand awarness | strategi dalam meningkatkan brand awareness | marketing dalam meningkatkan brand awarness

Spread the love
Harga Souvenir | Mug | Gelas | Flashdisk | Pin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *