Sejarah Flashdisk

Harga Souvenir | Mug | Gelas | Flashdisk | Pin

Sejarah Lahirnya Flashdisk

Tokoh Kemunculan Flashdisk

Sejarah Flashdisk – Sejarah Flashdisk ini bermula dari penemuan salah satu ilmuwan asal negeri bunga sakura Dr Fujio Masuoka.

Hal unik yang terjadi adalah sang ilmuwan menemukan teknologi tersebut justru ketika sedang bekerja di bawah perusahaan ternama Jepang Toshiba

Toshiba sendiri sampai saat ini masih masuk dalam jajaran lima besar perusahaan komputer ternama di dunia dan akhirat(hhehe). 

Di Perusahaan elektronik ternama itu Dr. Fujio Masuoka mempunyai rekan kerja andalan yang bernama Mr. Shoji Ariizumi. Kolaborasi dua tokoh tersebut mampu mengembangkan Flash memory chip NOR yang memiliki daya performa lebih jauh untuk melakukan writting data dan menghapus.

Jiwa eksplorasi beliau yang begitu membara lah yang akhirnya menemukan N.A.N.D hasil pengembangan teknologi NOR. Berikut akan kami ulas secara lebih ‘flash’ di bawah ini.

Lika Liku Sejarah Kemunculan Flashdisk

Sejarah adalah sesuatu yang penting untuk kita gali. Disamping BTS (Behind The Story) nya, selalu ada hikmah yang bisa diambil dalam setiap peristiwa sejarah itu sendiri, begitu juga mengenai sejarah flashdisk. Jadi kali ini kita akan menampilkan alur kisah penemuan barang kecil berjuta memory yakni Flashdisk.

Aktor utama sudah tentu sang ilmuwan Dr Fujio Masuoka beserta partner nya Shoji Ariizumi yang kelak diketahui dialah yang menamakan Flash.

Sifat Dr. Fujio Masuoka yang ambisius menjadikan hasrat eksplorasi nya membuncah dan tak kenal lelah meneliti lebih mendalam guna menemukan hasil terbaik.

Akhirnya pencarian nya menemui titik terang, dan terus mengembangkan kemampuannya hingga tercipta teknologi terbaru yang dinamakan N A N D.(Nah ini yang sering kita pakai sehari-harinya). Hal ini menggantikan NOR yang masih dianggap perlu ditingkatkan lagi dengan memperbaharui kode program yang sudah tersimpan. 

Nah sobat kreasi, Type flash chip type NOR mulai dipromosikan oleh intel pada tahun 1988. NOR flash sendiri merupakan flash dasar yang menyediakan jalur data beserta alamat sehingga dapat memberikan akses langsung ke memory.

 

Sejarah lahirnya flashdisk

Dr. Fujio Masuoka

 

Lanjut ke pengembangan berikutnya dari flashdisk yakni teknologi N A N D. Project flash tersebut di publish oleh Toshiba sekitar tahun 1989, dimana bisa melakukan proses penghapusan dan penulisan yang lebih cepat. Dengan bertambahnya kapasitas biaya bisa ditekan menyebabkan flash tipe ini cocok digunakan untuk secondary storage.

Namun lagi-lagi membutuhkan tempat yang kecil untuk chip per sel nya. Tiga perusahaan teknologi raksasa berseteru terkait siapa pengembang pertama kali teknologi flash ini. Perusahaan tersebut mungkin pada zaman nya layak disebut UNICORN nya teknologi. Mereka adalah M-Systems, NETAC, dan Trek 2000.

 

Sejarah Lahirnya Flashdisk Produk komersial Pertama

Sejarah lahirnya flashdisk

Macam – macam tempat penyimpanan sebelum hadirnya flashdisk

 

Trek Teknologi dan IBM mulai menjual Flash disk pertama secara komersial pada akhir abad 20. Model dengan merek “thumb drive”, di perkenalkan oleh Singapura Trek Teknologi.

Lanjut ke IBM yang memasarkan drive tersebut pertama kali di Amerika Utara dengan produk bernama “Disk On Key” yang dikembangkan dan diproduksi oleh M-Systems sebuah perusahaan yang berbasis di Israel.

Dalam hal kapasitas mampu menampung sampai 8 MB, lima kali lebih besar daripada kapasitas disket pada waktu itu. Nah, sobat kreasi di penghujung abad 20 akhirnya Lexar Company memperkenalkan Compact Flash (CF) dengan koneksi USB, dan kabel USB untuk hub USB.

Baca juga: Sejarah Gelas Mug.

 

Sejarah Lahirnya Flashdisk Generasi Kedua

Modern flash drive menggunakan USB 2.0 konektivitas. Namun, U F D saat ini tidak menggunakan penuh kecepatan transfer 480 M Byte/s (60 MB/s). Kecepatan transfer file bervariasi pada U.F.D, Kecepatan dalam satuan M Byte per detik seperti “180 x” (berarti 180 x 150 K i B/s).

Terdapat perangkat U F D yang dapat membaca data hingga 30 megabyte s (MB/s) dan menulis data kurang lebih sampai lima puluh persen nya. Dalam urusan transfer speed estimasi sekitar 20 kali lebih cepat dari USB 1.1 pada kecepatan penuh yang terbatas pada kecepatan maksimum 12 Megabyte/s (1,5 MB/s).

 

Sejarah Lahirnya Flashdisk Generasi Ketiga

Setali tiga uang dengan USB 2.0 pendahulunya, sang suksesor USB 3.0 menawarkan kecepatan transfer data secara dramatis meningkat. Perangkat USB 3.0 mampu mencapai kecepatan transfer hingga 5 GB/s, dibandingkan dengan USB 2.0 yang hanya 480 Mega Byte/s.

Dalam hal komponen, USB 3.0 ke bawah hampir semua dapat kompatibel dengan port USB 2.0. Meskipun demikian USB 3.0 memungkinkan kecepatan transfer data yang sangat tinggi. Akan tetapi sebagian besar USB 3.0 Flash Drives tidak memanfaatkan kekuatan penuh dari interface USB 3.0 karena keterbatasan controller memori mereka.

Desain dan implementasi Salah satu ujung perangkat ini dilengkapi dengan satu penghubung standar yaitu USB.

Ada empat bagian yang biasanya ada didalam flash drive:

  1. Standar Connector USB – menyediakan antarmuka ke host komputer.
  2. Penyimpanan massal USB controller – micro controller kecil di dalam chip ROM dan RAM.
  3. N.A.N.D flash chip memori – menyimpan data ( N A N D biasanya juga digunakan dalam kamera digital ).
  4. Crystal Oscillator – menghasilkan utama perangkat 12 MHz sinyal clock dan kontrol data output perangkat melalui sebuah phased-locked loop.

 

Perkembangan Penggunaan Flashdisk 

Saat ini penggunaan flash disk umum digunakan oleh kalangan pelajar dan pekerja. Flashdisk sebagai alat penyimpanan data sangat pas untuk kalian yang biasanya masih mengenyam bangku pendidikan entah itu sekolah, kampus, bahkan juga bagi yang sudah bisa mencari nafkah sendiri.

Pekerjaan yang pada umumnya memuat data sampai nanti hasilnya di print seperti contoh tugas kampus/sekolah. Alat piranti kecil yang biasa disebut flash disk ini menyediakan mulai dari ukuran kecil sampai besar dengan harga bersaing.

Jadi sobat kreasi ukuran data yang berhasil disimpan dulunya maksimal hanya 8 Mb. Namun jangan terlalu risau guys, mulai dari waktu itu data penyimpanan semakin berkembang hari demi hari dan terus ditingkatkan seiring perkembangan zaman.

Teknologi yang berkembang secara masif membuat para peneliti dapat dan cepat mendapatkan hasil. Kemudian juga dibantu dengan tersedianya bahan tambahan yang spesifik dengan FlashDisk tersebut.

Tidak hanya itu awal mula USB 1.0 launching memiliki kecepatan transfer data maksimum hanya di kecepatan 12 MB/s. Lalu untuk USB 2.0, memiliki kecepatan transfer data 480 MB/s.

Kemudian tahun terakhir 2010 dipasarkan USB 3.0 yang memiliki kecepatan transfer sampai 5 GB/s. Sampai disitu dulu ya guys artikel sejarah flashdisk kami, semoga bermanfaat.

Search Sejarah Flashdisk:

Sejarah Flashdisk | PDF Sejarah Perkembangan Flashdisk | Dr Fujio Masuoka | Shoji Ariizumi | Toshiba | IBM | NOR Flash | NAND Flash | Thumb Drive | Flash chip | Pengertian USB.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *